Jumat, 01 Agustus 2014

Doa dan Harapan di seperempat abad usiaku.

Bismillahirrohmanirrahim.

Terlantun sholawat dan salam kepada junjunganku nabi Muhammad Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam.
Allahumma sholli wassalim alaih...

Doa dan Harapan.

Hari Ini.

Aku akan memulainya dengan ucapan syukur dan senyuman bukan kritikan.
Akan kuhargai setiap detik, menit dan jam, karena tak sedetik pun dapat ditarik kembali.
Hari ini tidak akan kusia-siakan, seperti waktu lalu yang terbuang percuma.
Hari ini takkan kuisi dengan kecemasan tentang apa yang akan terjadi esok.
Akan kupakai waktuku untuk membuat sesuatu yang kuidamkan terjadi.
Hari ini aku akan belajar lagi, untuk merubah diri sendiri.
Hari ini akan kuisi dengan karya. Kutinggalkan angan-angan, yang selalu mengatakan:
"Aku akan melakukan sesuatu jika keadaan berubah."
Jikalau keadaan tetap sama saja, dengan kemurahan-Nya aku tetap akan sukses dengan apa yang ada padaku.
Hari ini aku akan berhenti berkata:
"Aku tidak punya waktu"

Karena aku tahu, aku tidak pernah mempunyai waktu untuk apapun.
Jika aku ingin memiliki waktu, aku harus meluangkannya.
Hari ini akan kulalui seolah hari akhirku.
Akan kulakukan yang terbaik dan tidak akan ditunda sampai esok.
Karena hari esok belum tentu ada.

Hari ini telah bertambah usia dalam perhitungan duniaku, dan berkurang dalam perhitungan akhiratku.
Semoga satu tahun yang telah lewat bisa lebih mendewasakan ku, satu tahun yang telah lewat bisa menjadi cermin untuk menempuh satu tahun kedepanku nanti.
Ya Allah,bila di satu tahun yang telah ku lewati hamba banyak membuat kelalaian-kelalaian  yang ku perbuat, maka ampuni lah aku.
Jika di satu tahun yang telah lewat banyak harapan-harapan yang belum terpenuhi maka ijinkan lah hamba untuk membangkitkan kembali harapan-harapan tersebut di tahun berikutnya.
Ya Allah Engkau yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang terima kasih, untuk semua nikmat dan hidayah yang telah Engkau berikan kepadaku. Terima kasih untuk semua itu.
Ya Allah,
Kau ciptakan aku dari tiada, menjadi ada
Kemudian Kau kembalikan aku kepada-Mu
Kehidupan ku berjalan dan berputar
sesuai dengan kehendak-Mu

Ya Allah,
Hari ini tiba juga aku di usia ini
Hari di mana aku harus menjadi lebih bijaksana
Hari di mana aku harus menjadi lebih dekat dengan-Mu
Hari di mana aku harus bisa menjadi teladan bagi orang lain

Ya Allah,
Panjangkanlah usiaku agar hidupku menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain
Panjangkanlah usiaku agar aku dapat lebih memandang hidup
dengan penuh makna dalam kebesaran-Mu
Panjangkanlah usiaku agar aku dapat membimbing keluargaku
untuk dapat tunduk dan berbakti kepada-Mu
Panjangkanlah usiaku agar aku dapat lebih bersyukur
atas nikmat dan rizki yang telah Engkau anugerahkan kepadaku

Ya Allah,
Jadikanlah aku menjadi hamba-Mu yang khusyu’ dan tawadhu’
dalam menerima hikmah dan berkah-Mu
Bertambah usia dalam hitunganku
berkurang pula usiaku dalam hitungan-Mu

Ya Allah,
Terima kasih Engkau telah mengangkatku
menjadi makhluk dengan derajat yang tinggi
Terima kasih engkau telah memberikan cahaya keimanan kepadaku
sehingga aku dapat lebih mengenal-Mu,

Ya Allah,
Aku percaya bahwa Engkau akan selalu berikan yang terbaik
untuk diriku, keluargaku, orang tuaku dan
semua sahabat sejatiku, yang selalu peduli padaku
Hanya pada-Mu lah aku senantiasa mengabdi dan
Hanya pada-Mu lah aku memohon pertolongan
Telah banyak dosa yang kulakukan selama satu tahun yang telah ku lewati ini.
Telah banyak aib yang kusembunyikan dari diriku yang kecil di hadapanMu ini.
Aku tahu Engkau Maha Melihat dan Mengetahui segala gerak-gerik hambaMu ini.
Oleh karena itu, jangan jadikan aku, hamba yang terlampau jauh berada dalam rahmat dan maghfirahMu.
Engkau selalu memberikan yang terbaik untuk setiap rencana-rencana hamba.
Engkau selalu memberikan banyak waktu dan kesempatan untuk ku bertobat dan meminta maaf.
Telah banyak aib ku yang telah Engkau sembunyikan dan tidak nampakkan kepada mereka.
Disaat mereka menganggap aku kecil dan hina, Kau berikan aku banyak motivasi.
Aku tahu ujianMu tidak pernah melebihi batas dari kesanggupan hamba-hambaMu.
Engkau lebih mengetahui takaran-takaran yang sangat pas untuk hamba-hambaMu.
Engkau berikan cukup rezeki buatku sehingga membuatku banyak bersyukur kepadaMu.
Engkau berikan aku kesehatan yang prima sehingga aku bisa beraktifitas mencari sesuatu yang halal untuk ku dan keluargaku.
Engkau berikan aku cukup waktu agar aku bisa selalu dekat dengan sahabat, saudara dan orangtuaku.
Tapi, maafkan aku justru disanalah aku lalai karena aku terlalu naif dan sering melupakanMu.
Waktu untuk beribadah dekat denganMu.
Aku menyadari seberapa seringnya aku melalaikan waktu sholatku.
Aku menyadari seberapa seringnya waktu luangku hanya kuhabiskan untuk hal-hal yang justru membuatku jauh denganMu.

Yaa Allah,
Aku ini hanyalah sebutir pasir di gurun-MU yang luas
Aku ini hanyalah setetes embun di lautanMU yang meluap hingga ke seluruh samudra
Aku ini hanya sepotong rumput di padangMU yang memenuhi bumi
Aku ini hanya sebutir kerikil di gunung MU yang menjulang menyapa langit
Aku ini hanya seonggok bintang kecil yang redup di samudra langit Mu yang tanpa batas

Ya Allah
Hamba yang hina ini menyadari tiada artinya diri ini di hadapanMu
Tiada Engkau sedikitpun memerlukanku akan tetapi …
hamba terus menggantungkan segunung harapan pada Mu
Ya Allah…………..baktiku tiada arti, ibadahku hanya sepercik air
Bagaimana mungkin sepercik air itu dapat memadamkan api nerakaMu
Betapa sadar diri begitu hina dihadapanMu
Jangan jadikan hamba hina dihadapan makhlukMu
Diri yang tangannya banyak maksiat ini,
Mulut yang banyak maksiat ini,
Mata yang banyak maksiat ini…
Hati yang telah terkotori oleh noda ini, memiliki keinginan setinggi langit
Mungkinkah hamba yang hina ini menatap wajahMu yang mulia???
Ya Allah Kami semua fakir di hadapan MU tapi juga kikir dalam mengabdi kepada Mu
Semua makhlukMU meminta kepada MU dan pintaku….
Ampunilah aku dan saudara-saudaraku yang telah memberi arti dalam hidupku
Sukseskanlah mereka mudahkanlah urusannya
Mungkin tanpa kami sadari , kami pernah melanggar aturanMu
Melanggar aturan qiyadah kami,bahkan terlena dan tak mau tahu akan amanah
Yang telah Tuhan percayakan kepada kami…Ampunilah kami
Pertemukan kami dalam syurga Mu dalam bingkai kecintaan kepadaMu
Ya Allah….Siangku tak selalu dalam iman yang teguh
Malamku tak senantiasa dibasahi airmata taubat,
Pagiku tak selalu terhias oleh dzikir pada Mu
Begitulah si lemah ini dalam upayanya yang sedikit
Janganlah kau cabut nyawaku dalam keadaan lupa pada Mu
Atau….dalam maksiat kepadaMu
“Ya Allah Tutuplah untuk kami dengan sebaik-baiknya penutupan !!” Aamiin...

Tapi, aku tahu Engkau masih sangat sayang kepadaku, kau telah kirimkan sahabat-sahabatku yang baik, saudara-saudaraku yang menyayangiku, dan orang tua yang sangat mencintaiku.
Merekalah yang selalu dengan penuh kesabaran menghadapi dan membimbing setiap jalanku.
Terima kasih Ya Allah, telah Engkau berikan mereka untuk ku.
Bagiku itu sudah merupakan harta yang sangat berharga di dunia ini.
Aku hidup untuk mereka, aku bertahan hidup juga karena mereka, dan aku menikmati serta mensyukuri hidup ini juga karena mereka. ^_^
Aku telah membangun istana surga ku sendiri di dalam hati ini juga karena mereka, karena ini lah yang bisa membuat aku bisa selalu tersenyum dan bahagia memiliki mereka semua.
Terima kasih Yaa Allah untuk semua itu.

Metamorphosisku memang tidak sesempurna kupu-kupu, tapi setidaknya aku bisa bersyukur dengan penuh senyum dan kebahagiaan bisa sampai sejauh ini.
Tak banyak pesan yang bisa ku sampaikan kepada sahabatku, kawanku, saudaraku, bahkan renungan buat calon teratai putihku. Pesanku :

Bersyukurlah bahwa kamu belum siap memiliki segala sesuatu yang kamu inginkan,
Seandainya sudah, apalagi yang harus diinginkan?
Bersyukurlah apabila kamu tidak tahu akan sesuatu,
Karena itu akan memberimu kesempatan untuk belajar.
Bersyukurlah untuk masa-masa sulit yang telah kau hadapi,
Karena di masa itulah kamu tumbuh.
Bersyukurlah untuk segala keterbatasanmu,
Karena itu memberimu kesempatan untuk berkembang.
Bersyukurlah untuk setiap tantangan baru yang kau alami selama ini,
Karena itu akan membangun kekuatan dan karaktermu.
Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat,
Karena itu akan mengajarkan pelajaran yang berharga.
Bersyukurlah bila kamu lelah dan letih,
Karena itu kamu telah membuat suatu perbedaan.

Mungkin mudah untuk kita bersyukur akan hal-hal yang baik.
Hidup yang berkelimpahan datang pada mereka yang juga bersyukur akan masa surut.
Rasa syukur dapat mengubah hal yang negatif menjadi positif

Temukan cara bersyukur akan masalah-masalahmu dan semua itu akan menjadi berkah bagimu.

Dan sesuatu yang sangat spesial untuk calon terataiku.
Ketahuilah, aku telah siap. Masa itu akan segera datang.
Tunggu aku sedikit lagi dengan penuh kesabaran.
Tetaplah istiqomah dengan segala pendirianMu.
Aku tidak akan pernah mengubahMu, dan aku tidak pernah menuntut perubahan kepadaMu.
Aku menerimaMu apa adanya, bila kau rindu kepadaku jangan di tanya, aku pun begitu.
Tapi, waktu yang masih belum berpihak kepada kita, cukuplah kita saling bertemu dalam doa dan sujud terpanjang di setiap sepertiga malamNya.
Aku yakin Dia selalu tersenyum melihat tingkah polah kita. Karena kita telah membuat seisi langit dibuat cemburu oleh tingkah polah kita selama ini. ^_^
Dia akan selalu melihat segala gerak-gerik kita, oleh karena itu jagalah dirimu.
Biarlah kata orang-orang kita terlalu bodoh dalam hal merajut mahabbah.
Tapi, sungguh mereka tidak menyadari kalau kita sudah merajut mahabbah yang sangat indah, mahabbah yang sangat kuat, mahabbah yang berlandaskan iman kepadaNya.
Insyaallah...

^_^

Aamiin... Amiin... Yaa Robbal Alaamiin...




0 komentar:

Posting Komentar

Free money making opportunity. Join Cashfiesta.com and earn cash.